Rabu, 12 Desember 2012

4 Faktor Resiko Utama Kanker Payudara


4 Faktor Resiko Utama Kanker Payudara

Kanker payudara yang kebanyakan menyerang wanita disebabkan oleh keganasan sel-sel di payudara. Bahkan satu dari delapan wanita akan terkena kanker payudara.
Kebanyakan wanita yang mendapat kanker payudara telah mengalami masa menopause, namun sekitar 2 dari 8 wanita terdiagnosa setiap tahun di bawah 50 tahun.
Kanker payudara terjadi karena perubahan dalam sel DNA payudara yang mengandung instruksi genetik yang digunakan dalam pengembangan dan fungsi dari semua organisme hidup.
Penyebab kanker payudara masih belum diketahui secara pasti. Namun, ada beberapa faktor resiko kanker payudara.
Riwayat Keluarga
7% dari pengidap kanker payudara, memperoleh penyakit dari keluarga atau genetic. Bila di lingkungan keluarga dekat, ada 3 orang yang mengidap kanker payudara, maka resiko terkena kanker payudara bagi semua perempuan yang ada di dalam keluarga tersebut sangat tinggi hingga 80%.
Usia
Semakin lanjut usia seseorang perempuan, maka akan lebih mudah terkena kanker payudara. Meskipun kanker payudara juga dapat mengenai orang yang lebih muda.
Menstruasi pertama datang lebih awal
Jika seorang perempuan memulai masa menstruasi sejak usia 10 tahun, maka resikonya lebih besar dibandingkan yang mendapat menstruasi pertama pada umur 13 tahun.
Usia melahirkan anak pertama
Kalau seseorang lebih muda usianya melahirkan anak pertama, maka kemungkininan resikonya lebih kecil.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar