Rabu, 12 Desember 2012

5 Tips Alami Turunkan Darah Tinggi


5 Tips Alami Turunkan Darah Tinggi
Tekanan darah tinggi menjadi salah satu penyakit menakutkan bagi semua orang. Dengan tanpa adanya gejala yang ditimbulkan, penderita kerap dibuat tak berdaya. Ancaman serangan jantung, stroke, aneurisma, serta penurunan kognitif, bahkan kematian menjadi ragam dampak dari bahayanya hipertensi.

Jenis penyakit ini sebenarnya dapat dicegah dengan cara alami. Namun sayangnya banyak penderita menggunakan obat-obatan untuk menurunkan tekanan darah yang kerap menimbulkan efek tak baik bagi kesehatan seperti kram, pusing, dan imsomnia. Lantas bagaimana cara menurunkan tekanan darah secara alami.

1. Berjalan kaki. Pasien hipertensi yang rajin berjalan kaki dapat menurunkan tekanan darahnya dari 8 mmHg ke lebih dari 6 mmHg. Jenis kegiatan ini akan membantu jantung menggunakan oksigen lebih efisien, sehingga jantung tersebut tidak bekerja keras dalam memompa darah. Untuk mendapatkan hasil maksimal, luangkanlah waktu Anda setidaknya 30 menit setiap hari, dan cobalah tingkatkan kecepatan atau jarak Anda sehingga Anda tetap semangat dalam menjalaninya.

2. Bernapaslah dalam-dalam. Pernapasan lambat dan praktik-praktik meditasi seperti qigong, yoga, dan tai chi dapat menurunkan hormon stres. Cara ini telah mengangkat enzim ginjal yang meningkatkan tekanan darah. Cobalah lakukan 5 menit di pagi hari dan malam hari. Tarik napas dalam-dalam dan tahan pada perut Anda. Hembuskan napas perlahan dan lepaskan semua ketegangan Anda.

3. Baca label makanan yang bersodium. Sejumlah kelompok orang tua di Amerika dan Afrika, dinyatakan telah memiliki riwayat hipertensi akibat mengonsumsi garam atau sodium sensitif. "Setiap orang harus mengurangi asupan natriumnya," saran Eva Obarzanek, PhD, seorang peneliti ahli gizi di National Heart, Lung, dan Blood Institute. Amerika Serikat.

Ia menyarankan agar setiap orang hendaknya mengonsumsi 1.500 miligram perhari. "Perhatikan natrium dalam makanan olahan, karena di tempat Itu sebagian besar natrium dalam diet Anda berasal," ujarnya mengingatkan. Agar lebih aman, ia menganjurkan agar setiap orang mengonsumsi makanan dengan rempah-rempah, jamu, lemon, dan bebas bumbu garam campuran. Karena itu akan membuat Anda lebih sehat dan aman dari hipertensi.

4. Bersantai dengan musik. Menurunkan tekanan darah Anda sebenarnya dapat dilakukan dengan perubahan gaya hidup. "Mendengarkan lagu kesukaan Anda dapat bantu turunkan hipertensi," ujar para peneliti di University of Florence, Italia.

Mereka meminta 28 orang dewasa yang mengalami hipertensi untuk mendengarkan musik klasik, Celtic, atau musik India selama 30 menit setiap hari sambil bernapas perlahan. Setelah seminggu, para pendengar tersebut telah turun hipertensinya rata-rata sebesar 3,2 poin, dan sebulan kemudian, tercata turun menjadi 4,4 poin.

5. Minum teh. Menurunkan tekanan darah tinggi termudah minum satu atau dua cangkir teh. "Para peserta riset diminta menghirup tiga cangkir teh kembang sepatu setiap harinya untuk menurunkan tekanan darah sebesar 7 poin dalam 6 minggu," kata peneliti dari Tufts University, Amerika Serikat.

"Zat Phytochemical yang ada di kembang sepatu mungkin berperan besar mengurangi tekanan darah tinggi," kata para penulis studi. Teh herbal banyak mengandung kembang sepatu. Dengan memperhatikan bahan buatannya, ini bisa jadi tanda besarnya manfaat pada tiap seduhan.
(rha/kesehatan.liputan6.com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar