Rabu, 12 Desember 2012

5 Langkah Cegah Kanker Payudara

5 Langkah Cegah Kanker Payudara

Kanker payudara bisa dibilang adalah pembunuh nomor satu bagi wanita setelah kanker leher rahim. Sayangnya, sebagian penderita kanker payudara baru berkonsultasi dengan dokter setelah melewati stadium lanjut. Umumnya baru memeriksakan diri saat kanker masuk stadium III.
Karena itu, tidak ada kata terlambat. Seperti dikutip dari laman Health, Anda bisa terbebas dari kanker payudara jika mengikuti gaya hidup di bawah ini:
Batasi Konsumsi Alkohol
Walau sedikit, alkohol tetap dapat menyebabkan risiko terkena kanker payudara. Oleh sebab itu, banyak dokter yang merekomendasikan agar berhenti mengkonsumsi wine, bir, dan alkohol lainnya. Wanita yang sering mengkonsumsi alkohol memiliki risiko 70% terkena kanker payudara.
Berolahraga Minimal 3 Kali Seminggu
Ketika Anda berolahraga, berusahalah untuk membuat detak jantung berdetak lebih dari biasanya untuk minimal selama 20 menit. Semakin banyak keringat yang keluar sama artinya dengan mengurangi risiko terkena kanker payudara.
Jaga Berat Badan
Penelitian menunjukkan bahwa memiliki berat badan yang berlebih atau obesitas (terutama ketika Anda telah menopause) juga menaikkan risiko terkena kanker payudara. Wanita yang menderita obesitas juga memiliki tingkat kemungkinan bertahan hidup yang lebih kecil dan kemungkinan untuk menderita kanker yang lebih agresif dibandingkan wanita dengan berat badan ideal maupun kekurangan berat badan.
Lakukan Pemeriksaan Rutin Setiap Bulan
Pemeriksaan ini bisa Anda lakukan sendiri di rumah. Caranya mudah, dengan bercermin untuk meneliti bentuk payudara apakah tetap simetris atau tidak. Atau, dengan meraba payudara untuk mendeteksi apakah ada benjolan atau kelenjar tak biasa saat teraba oleh tangan. Pemeriksaan biasanya dilakukan setelah Anda selesai menstruasi.
Lakukan Mammogram
Setelah berusia di atas 40 tahun, lakukan mammogram sekali dalam setahun. Mammogramini untuk mengetahui keberadaan tumor sedari awal sehingga dapat memberikan kesempatan untuk bertahan hidup secara signifikan.
(rha/kosmo.vivanews.com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar