Selasa, 04 Desember 2012

AKIBAT BURUK MELEPAS BATERAI LAPTOP SAAT DI CHARGE


Jika belum tahu akibat buruknya atau efek samping dari melepas baterai laptop saat mencharge, tenang Hariez akan membagi pengetahuan dan pengalaman kepada sobat semua. Melepas baterai laptop saat di charge merupakan tindakan bodoh yang biasa kita lakukan, kita beranggapan jika baterai laptop dilepas maka baterai akan baik-baik saja. Memang baterai akan baik-baik saja dan awet, tetapi laptop akan menjadi cepat rusak. Mengapa begitu? Karena di dalam baterai laptop itu sudah ada stabiliser tegangan yang menjaga kestabilan daya listrik yang masuk. Jadi saat listrik naik atau turun, daya di laptop akan tetap sama. Apalagi kita tinggal di Indonesia yang terkenal dengan listrik naik turunnya. 

Nah sampai sini sudah mulai ada gambaran akibat dari melepas baterai laptop saat mencharge kan?
Akibat dari melepas baterai laptop saat mencharge yaitu :

1. Laptop cepat panas dan menjadi lambat.
2. Dapat merusak komponen laptop, terutama harddisk, layar, papan ketik dan beberapa rangkaian elektronik di dalam laptop seperti kapasitor.
3. Laptop sering hang karena daya listrik yang tidak stabil.
4. Kerusakan pada bagian charger karena baterai laptop yang digunakan sebagai pemutus daya setelah baterai penuh tidak ada.

5. Yang lebih parah, laptop bisa terbakar ( jarang terjadi )

Setelah mengetahui akibat buruk dari melepas baterai laptop saat di charge, apa sobat masih mau melepas baterai laptop saat di charge dengan alasan agar baterai awet? Semua tergantung Anda.

1 komentar: